Senin, 27 Juli 2009

Internet dan teknologi mobile telah mengubah segalanya, mulai dari budaya hingga produk yang dihasilkan. Nilai-nilai dari suatu content digital menjadi sangat tinggi. Ada 10 pengubah aturan main di dunia marketing saat ini yang dicatat oleh buku ini, antara lain :

1. Proliferation and Invasiveness – Proliferasi dan keagresifan media akan semakin menjadi-jadi, ini menimbulkan benturan antara pemasar dengan konsumen seputar isu privacy data.

2. The New Mass Media of One – Mass media berubah bentuk menjadi Mass “Personal” media dimana unique experience didapat oleh masing-masing pemirsa.

3. Traditional Media Digitizing – Media-media tradisional akan berubah ke bentuk digital.

4. Digital Devices Become Media – Alat-alat digital akan diberdayakan untuk mampu menjadi media iklan dan pemasaran.

5. Video Richness and Direct Response – Content Video akan semakin besar peranannya, dan kemampuan untuk merespon secara langsung akan menjadi fasilitas yang normal pada aplikasi.

6. New Channel Connections – Hubungan-hubungan akan terbentuk diantara channel-channel marketing baru.

7. Social Networking, Virtual, and Viral – Makin berkembangnya aplikasi jaringan sosial di internet.

8. Consumer Paid and Created Content – Konsumen menciptakan informasi dan dipaksa membayar untuk mendapatkan informasi yang dibuat oleh orang lain.

9. Consumers Organize Information – Konsumen menjadi pengorganisir informasi yang mereka ciptakan sendiri.

10. Search – Perkembangan mesin pencari web akan semakin mengarah ke pencari spesifik yang mengkhususkan diri di topik informasi tertentu.

Pada bagian kedua buku ini dijelaskan pula strategi-strategi marketing yang patut diambil dalam menyiasati perubahan aturan main yang ada akibat perkembangan teknologi digital. Berikut pula teknik-teknik untuk menganalisa dan mengoptimasi kinerja dari pelaksanaan strategi pemasaran yang kita terapkan dengan pemilihan channel-channel digital tertentu.

Cornelius Koo – Mei, 2010.
secangkirkopipanas.com

1 komentar: